FarNetwork.net - Pengaruh COVID-19 menuntut kegiatan bisnis dan pembelajaran dilakukan #dirumahaja, untuk membantu kegiatan tersebut tetap berjalan dari jarak jauh terdapat beberapa tools video conference yang dapat digunakan salah satunya Google Meet. Seperti yang sudah diketahui Google Meet merupakan layanan video conference yang dikembangkan oleh Google. Beberapa fitur yang tersedia pada Google Meet dapat digunakan secara gratis namun beberapa merupakan fitur berbayar.

Tanggal 29 April 2020, Javier Soltero (Vice President & GM, G Suite) mengumumkan bahwa produk video conference premiumnya yaitu Google Meet dapat digunakan secara gratis selama beberapa minggu kedepan.

Karena semakin banyak karyawan, pendidik, dan siswa yang bekerja jarak jauh dimasa COVID-19 kami ingin ikut serta membantu mereka agar tetap terhubung dan produktif”.

kutipan tersebut merupakan salah satu alasan menggratiskan layanan Google Meet. Semua orang yang memiliki akun gmail dapat melakukan panggilan dengan Google Meet tanpa harus membayar apapun. Google Meet memastikan tetap menjaga keamanan pengguna, keamanan data, dan informasi pribadi.

Google Meet dapat digunakan oleh individu, grup, bisnis, organisasi, sekolah, dan lembaga lain. Berikut beberapa kategori pengguna yang memperoleh manfaat dari penggunaan Google Meet premium :

  1. Google Meet untuk individu saat ini setiap pengguna dapat membuat akun Google Meet dan melakukan panggilan video sendiri. Penggunaan produk Google Meet gratis biasanya dibatasi 60 menit untuk melakukan panggilan, tetapi untuk saat ini tidak ada batasan waktu.
    Google Meet Individu
  2. Groups and Teams, Manfaat yang didapat oleh pengguna Groups and Teams adalah dapat melakukan rapat dengan peserta yang lebih banyak dan dapat merekam rapat.
  3. Bisnis dan Organisasi, Pengguna ini dapat melakukan streaming secara langsung dengan jumlah peserta hingga 100.000. G Suite Essentials dapat digunakan secara gratis untuk perusahaan.
  4. Sekolah dan Institusi Pendidikan Tinggi, Sekolah yang belum menggunakan untuk pendidikan saat ini dapat mendaftarkan secara gratis tanpa biaya tambahan.

Sampai kapan layanan tersebut dapat digunakan oleh pengguna? Dilansir dari halaman blog Google layanan Google Meet Premium gratis dapat digunakan sampai dengan 30 September 2020. Setelah 30 September apa akan kembali berbayar? Sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut yang diberikan oleh Google untuk penggunaan Google Meet setelahnya.

Jadi, yuk manfaatkan kesempatan ini untuk menjadi lebih produktif dan tetap terhubung dengan orang-orang terdekat. Tetap #dirumahaja ya😊

Sumber : https://blog.google/products/meet/bringing-google-meet-to-more-people/