FarNetwork.net - Sekedar mengingatkan Apa itu Driver ? Driver adalah sebuah software yang berfungsi untuk menghubungkan antara hardware dengan komputer. Jadi tanpa sebuah driver, sistem operasi yang kamu gunakan tidak akan bekerja secara optimal karena driver juga bertugas sebagai penerjemah antara sistem operasi dengan hardware.

Sebelumnya mimin juga pernah share artikel serupa yaitu Cara Backup Driver di Windows 7, sekarang mimin akan membahas Bagaimana Cara Backup Driver di Windows 10 via CMD ? Mungkin cara ini merupakan cara praktis karena kita tidak memerlukan tools tambahan, kita memanfaatkan program Command Prompt yang ada di windows kita.

Cara Backup Driver di Windows 10 via CMD

Pertama : Buka Command Prompt as Administrator, tekan tombol Windows + X kemudian pilih Command Prompt (Admin)

Kedua : Ketikan perintah berikut di CMD, lalu tekan enter

Dism /Online /Export-Driver /Destination:D:\Backup

NB : Kamu bisa mengganti folder destinasi D:\Backup dengan path sesuai keinginan (ex : E:\Driver), dan pastikan folder yang akan dituju sudah ada. Kalau belum ada silahkan buat folder terlebih dulu.

Cara Restore Driver di Windows 10 via CMD

Nah ketika kamu sudah mempunyai backup-an driver pc /laptop kamu, kamu tidak perlu bingung - bingung mencari driver lagi setelah install ulang OS. Hal yang perlu kamu lakukan yaitu merestore driver tersebut tentunya via CMD juga, setelah install ulang beres kamu tinggal buka command prompt as administrator lalu ketikan perintah berikut :

Dism /Online /Add-Driver /Driver:D:\Backup /Recurse
NB : Pastikan lokasi penyimpanan backup-an sudah benar.

Cara ini juga anda terapkan di Windows 8 dan Windows 8.1, nah untuk Windows 7 kamu harus ikuti langkah pada artikel ini Cara Backup Driver di Windows 7.

Semoga Bermanfaat.